Tak Miliki Smartphone untuk Akses MyPertamina, Ini Solusi dari Pertamina

Redaksi

Per 1 Juli ini Pemerintah mulai memberlakukan pembelian bahan bakar minyak (BBM) bersubdisi jenis Pertalite dan Solar melalui aplikasi dan website MyPertamina.

Aturan ini mendapat berbagai respons dari kalangan masyarakat. Salah satunya sopir angkutan umum yang merasa tidak praktis dalam membeli bahan bakarnya.

Sales Area Manager PT Pertamina Patra Niaga Area Retail Bandung Fachrizal Imaduddin menyampaikan, kunci dari aturan baru ini adalah kode batang (QR Code) yang harus dimiliki setiap konsumen BBM bersubsidi.

“Kami mengakomodir bagaimana seluruh masyarakat pengguna itu bisa mendapatkan program subisidi, makanya silakan (daftar) lewat laman sehingga tidak perlu bawa ponsel ini ke SPBU,” kata Fachrizal di SPBU Dago, Kota Bandung, Jumat (1/7).

“Intinya kan kode batang ini yang dibawa ke SPBU untuk pembayaran, bukan ponsel,” sambungnya.

Kata Fachrizal, konsumen yang sudah mendaftar nanti akan mendapatkan QR Code yang menjadi tanda bahwa seseorang berhak membeli BBM bersubsidi.

Nantinya, QR Code itu tidak harus terus menerus disimpan di ponselnya, bisa juga dicetak dan diperlihatkan ke petugas SPBU saat akan membeli.

“Kalau dia ada ponsel bisa disimpan QR Codenya di smartphone, atau setelah daftar QR Codenya tinggal di-print dan disimpan sebagai kode bukti mendapatkan subsidi,” tuturnya.

Dengan begini, maka tujuan penyaluran BBM bersubsidi yang tepat sasaran bisa terlaksana dan berjalan dengan semestinya.

Sumber Jpnn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Wujudkan Swasembada Gula Nasional, BUMN Fokus Tingkatkan Kinerja Perkebunan

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus memperbaiki kinerja dan menjalankan restrukturisasi perusahaan negara yang bergerak di sektor strategis. Setelah berhasil menjalani transformasi di sektor keuangan hingga kesehatan, dalam rangka ketahanan pangan kini Kementerian BUMN fokus meningkatkan kapasitas gula kristal putih (GKP) atau gula konsumsi. Pemerintah melalui Rencana Pembangunan Jangka […]