BUMN Masuk 10 Perusahaan dengan Budaya Tempat Kerja Terbaik di Indonesia

Redaksi

Great Place to Work, otoritas global dalam budaya tempat kerja belum lama ini mengumumkan daftar 10 perusahaan yang dinilai memiliki budaya kerja terbaik dan berkinerja tinggi.

Perusahaan yang terpilih sebagai Certified dan 10 Best Workplaces terbaik diumumkan pada acara Indonesia Best Workplaces Virtual Reveal yang disiarkan di kanal YouTube belum lama ini.

Adapun Cisco Indonesia berada di urutan teratas sebagai Best Workplace, disusul DHL Express Indonesia (PT Birotika Semesta), Livit International, PT Medtronic Indonesia, dan Capella Ubud.

Selanjutnya di urutan keenam adalah DHL Global Forwarding Indonesia, SC Johnson Indonesia, Diageo Indonesia (PT Langgeng Kreasi Jayaprima), PT Ericsson Indonesia, dan di urutan kesepuluh adalah BUMN PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

Managing Director dari Great Place to Work ASEAN & ANZ Evelyn Kwek mengatakan, filosofi dan metodologi Great Place to Work didasarkan pada membangun budaya tempat kerja dengan kepercayaan tinggi yang dapat menjadi tempat kerja yang hebat untuk semua orang.

“Hal ini berarti bahwa perusahaan harus melampaui ekspektasi dan manfaat ketika berpikir untuk membangun brand perusahaan yang kuat. Semua tentang membangun hubungan yang berkualitas dan karyawan memiliki pengalaman kerja yang positif secara konsisten,” ujarnya, dikutip Jumat (1/7/2022).

Dalam memilih Best Workplace di Indonesia, ungkap dia, Great Place to Work menggunakan cara yang sama dalam mengkurasi perusahaan yang masuk dalam  Fortune 100 Best Companies to Work For  di US dan Fortune World’s 25 Best Workplaces.

Untuk menentukan 2022 Indonesia’s Best Workplaces, Great Place to Work menganalisis umpan balik survei rahasia yang mewakili lebih dari 26.000 karyawan di berbagai industri di Indonesia.

Karyawan menjawab lebih dari 60 pertanyaan survei yang menjelaskan sejauh mana organisasi mereka menciptakan Great Place to Work For All.

Perusahaan dipilih menggunakan analitik yang ketat dan respon dari masing-masing karyawannya secara rahasia. Evaluasi mencakup tiga hubungan utama yang mendorong pengalaman karyawan di tempat kerja mereka, seperti hubungan dengan manajemen, kolega, dan pekerjaan mereka.

Trust Index score mewakili persentase karyawan yang menganggap perusahaan mereka sebagai great workplace dan merupakan indikator dari pengalaman kerja mereka yang sebenarnya.

Wawasan dari data Trust Index survey dan pengajuan Culture Audit menunjukkan bahwa perusahaan dalam daftar Best Workplaces menonjol lantaran mereka memberi karyawan sumber daya dan dukungan yang dibutuhkan untuk tumbuh secara profesional dan berkembang di tempat kerja.

Mereka memungkinkan manajemen untuk terhubung secara teratur dengan karyawan, dan mereka membangun kepercayaan antara manajemen dan karyawan melalui kata-kata dan tindakan mereka.

Contohnya adalah ketika perusahaan-perusahaan ini menunjukkan semangat, antusiasme dan tekad yang kuat untuk mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19.

Hal ini terlihat dari para pemimpin, manajer, dan karyawan yang menunjukkan sikap kolektif dengan tetap terhubung, saling mendukung, dan bekerja sama sebagai sebuah tim, yang memungkinkan mereka untuk muncul lebih kuat bersama di era new normal pasca pandemi.

Sementara itu, Country Managing Director Cisco Indonesia Marina Kacaribu mengatakan, pihaknya sangat senang bisa masuk dalam daftar Indonesia Best Workplace 2022.

“Ini mencerminkan keyakinan kami bahwa budaya kami telah menjadi fondasi yang kuat dalam segala hal yang kami lakukan. Semangat, profesionalisme, dan bagaimana setiap karyawan kami dapat menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri di tempat kerja adalah kekuatan kami untuk terus memberikan yang terbaik kepada pelanggan, mitra, dan komunitas kami,” tuturnya.

Lebih lanjut, Evelyn menambahkan, Great Place To Work Indonesia juga akan mengadakan serangkaian masterclass dengan pembuat daftar di mana perusahaan akan berbagi pengalaman dan wawasan terbaik mereka sebagai peluang pembelajaran bagi perusahaan lain.

“Kami berharap perusahaan juga dapat lebih memperhatikan pentingnya lingkungan kerja di perusahaan mereka, karena nilai-nilai dan keyakinan ini akan mengarahkan karyawan dan menentukan pola pikir dan perilaku mereka. Kami percaya orang lebih produktif, lebih energik dan memiliki ide yang lebih baik ketika mereka dikelilingi oleh lingkungan kerja yang baik,” tandas Evelyn.

Sejak 1992, ungkap dia, Great Place to Work telah menyurvei lebih dari 100 juta karyawan di seluruh dunia dan menggunakan wawasan mendalam itu untuk menentukan apa yang membuat great workplace, yaitu kepercayaan.

Sumber Sindo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Dipimpin Erick Thohir, Tata Kelola BUMN Jadi Lebih Profesional dan Akuntabel

Pengelolaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah kepemimpinan Erick Thohir dinilai makin profesional dan akuntabel. Hal itu disampaikan Associate Director BUMN Research Group LM (Lembaga Management) Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI) Toto Pranoto. Toto mengapresiasi penegakan hukum yang dilakukan Menteri BUMN Erick Thohir dan Kejaksaan Agung dalam […]