Akan Melantai di Bursa Efek Indonesia, BUMN PTPN III Siap IPO Tahun Ini

Redaksi

Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury mengungkapkan Perkebunan Nusantara atau PTPN III (Persero) akan di melantai di Bursa Efek Indonesia pada tahun ini melalui mekanisme initial publik offering (IPO).

Hal ini diungkapkan Pahala Nugraha Mansury, kepada awak media di Penandatanganan Head of Agreement (HoA) antara Pertamina NRE dan Perhutani, Senin, 20 Juni 2022.

Guna memuluskan aksi korporasi tersebut, perseroan pun akan membentuk sub holding yang disebut dengan Palm Co. Bisnis perusahaan yang dicatatkan sahamnya di pasar modal Tanah Air adalah seluruh bisnis kelapa sawit dan karet.

Pembentukan sub holding itu untuk mendapatkan value creation tertinggi yang berasal dari konversi karet ke kelapa sawit.

“Lalu kita lihat ada potensi juga di anak usaha (BUMN) perkebunan. Insya Allah ada. Nanti kita sebutkan kalau sudah registrasi,” katanya.

Berikut ini profil perusahaan PTPN III, seperti dikutip dari laman Holding Perkebunan.

Dasar Hukum

Peraturan Pemerintah No. 72 Tahun 2014 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia ke dalam Modal Saham Perusahaan Perseroan PT Perkebunan Nusantara III (PTPN III) dimana terjadinya pengalihan 90% saham milik pemerintah diatas PTPN tersebut menjadi 10%

Sumber Daya Manusia

PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Holding Perkebunan pada tahun 2018 mempunyai karyawan sebanyak 115.618 orang yang terdiri dari 6.264 orang karyawan pimpinan dan 109.354 orang karyawan pelaksana.

Luas Areal

Total luas areal yang dimiliki oleh PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Holding Perkebunan adalah 1.181.751,03 Ha dengan status pengusahaan lahan sekitar 68% sudah bersertifikat, 20% sertifikat berakhir/dalam proses perpanjangan dan 12% belum bersertifikat.

Sedangkan total planted area yang dimiliki PTPN sebesar 817.536 Hektar yang terdiri dari komoditi kelapa sawit, karet, teh, tebu, kopi, kakao, tembakau, kayu dan hortikultura. Selain itu guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar PTPN juga memiliki areal kebun plasma seluas 457.794 Hektare.

Sumber: Tagar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Erick Thohir Tetapkan Dua Direksi Baru, Berikut Susunan Terbaru PT Pelni

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir selaku pemegang saham PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menetapkan Ony Suprihartono sebagai Direktur Keuangan dan Masrul Khalimi sebagai Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero). Keputusan tersebut tertuang dalam Salinan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor […]