Menteri BUMN Erick Thohir Pastikan Bank BUMN Siap Dampingi Penerima KUR

Redaksi
Erick Thohir

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, bahwa pihaknya siap mendampingi para penerima kredit usaha rakyat (KUR) khususnya dari bank-bank Himbara. Penyaluran KUR dari bank pemerintah memang mendominasi nilai total realisasi KUR saat ini.

Pemerintah mencatat, dari total target KUR tahun 2021 yang sebesar Rp253 triliun atau sekitar 92% di antaranya dikontribusikan oleh bank BUMN, terutama Bank Mandiri, BRI, dan BNI.

“BRI, Mandiri, BNI, untuk mendukung program KUR ini terutama yang di pertanian, kami sudah siapkan 8 klaster: klaster padi, jadung, sawit, tebu, jeruk, tanaman hias, kopi, dan klaster porang,” kata Erick Thohir melalui keterangan pers setelah rapat terbatas bersama Presiden Jokowi, pada Senin (26/7/2021).

Tak hanya itu, Erick mengatakan, bahwa pihak juga siap bersinergi dengan Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan agar program KUR bisa lebih tepat sasaran. Hingga saat ini, bank himbara sudah menyalurkan pinjaman kepada 6.190 rice mill atau penggilan padi dengan nilai kredit keseluruhan mencapai Rp2,7 triliun.

“Kami terbuka, sesuai dengan arahan presiden, kita bisa kembangkan. Dan kami siap dampingi, baik dari BUMN sendiri seperti yang sudah kami lakukan di rice mill unit di Ciamis dan Kebumen. Di mana itu jadi kerja sama baik antara gapoktan dan kami di BUMN,” lanjutnya.

Dengan kolaborasi antarkementerian yang lebih baik, Erick yakin program KUR ini dapat mendukung target pemerintah untuk mewujudkan surplus beras di akhir tahun 2021 nanti.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, realisasi KUR sepanjang semester I 2021 mencapai Rp143,14 triliun atau setara dengan 56,58% dari target tahun ini sebesar Rp253 triliun. KUR ini sudah disalurkan kepada 3,87 juta debitur dengan outstanding per Agustus 2021 mencapai Rp283 triliun dan NPL 0,88%.

Airlangga juga mengatakan, penyaluran KUR saat ini sudah mendekati situasi sebelum pandemi Covid-19.

Sumber Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Menteri BUMN Erick Thohir Ungkap 5,5 Juta Dosis Vaksin Sinopharm Sudah Masuk di Indonesia

Belum lama ini, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, Indonesia sudah menerima total 5,5 juta dosis vaksin Sinopharm yang akan digunakan untuk program vaksinasi gotong royong. Saat ini sebanyak 2,6 juta dosis vaksin masih menunggu izin dari BPOM dan sebanyak 2,9 juta lainnya sudah mendapatkan izin. “(Vaksin Sinopharm) Yang dalam proses […]