Selain BioSaliva, Bio Farma Produksi mBioCoV-19 RT-PCR Kit Sebanyak 2,4 Juta Per Bulan

Redaksi

Emiten farmasi PT Bio Farma (Persero) akan memproduksi alat uji untuk mendeteksi Covid-19 dengan metode kumur (gargling) BioSaliva sekitar 40.000 unit per bulan.

Hal ini disampaikan langsung oleh Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi VI DPR RI di Jakarta, pada Rabu 7 Juli 2021 lalu.

“Untuk produk baru kami BioSaliva, kita baru akan memproduksi sekitar 40.000 per bulan,” kata Honesti Basyir.

Honesti juga mengatakan, produk BioSaliva memungkinkan pengetesan PCR tidak dilakukan lewat nasofaring dan hidung, tapi melalui berkumur atau gargle.

“Produk BioSaliva ini akan memberikan experience baru dari sisi kenyamanan bagi masyarakat yang ingin melakukan tes usap PCR,” lanjutnya.

Tak hanya itu, Bio Farma juga memproduksi mBioCoV-19 RT-PCR Kit dengan kemampuan produksi sebanyak 2,4 juta per bulan.

Honesti bilang, bahwa semua produk sudah dilakukan pengetesan dengan akurasi di atas 99%.

“Khusus untuk BioSaliva, ini merupakan produk terbaru dan bisa mendeteksi semua varian Covid-19 yang sekarang lagi berkembang di Indonesia,” jelas Honesti Basyir.

Sebelumnya diketahui, Bio Farma dan perusahaan rintisan bioteknologi Nusantics sudah meluncurkan inovasi terbaru, Bio Saliva, alat uji untuk mendeteksi Covid-19 dengan metode kumur (gargling).

Metode ini jauh lebih nyaman untuk mendeteksi Virus Corona di dalam tubuh pasien dengan atau tanpa gejala.

Jadi, untuk mempermudah akses masyarakat kepada metoda tes yang nyaman ini, mulai 3 Juli 2021 pengecekan dengan menggunakan Bio Saliva bisa dilakukan di laboratorium GSI Kuningan dan Cilandak (limited releases).

Sumber Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Bank Mandiri Beri Promo Cashback 50% untuk Pembeli yang Gunakan Aplikasi Livin by Mandiri

Buat kamu yang suka ngopi, PT Bank Mandiri (Persero) dan ratusan gerai kopi sedang gencar menebar promo cashback 50% dengan minimal transaksi Rp 20.000 untuk pembelian kopi lewat sacn kode QRIS di aplikasi mobile banking Livin’ by Mandiri. Perlu dicatat ya nih, promo cashback 50% ini bakal berlangsung mulai 4 […]