Hingga Juni 2021, BRI Telah Salurkan KUR Sebesar Rp 84,8 Triliun

Redaksi

PT Bank Rakyat Indonesia (Pesero) Tbk atau BNI sudah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 84,8 triliun hingga Juni 2021 lalu. Realisasi ini sekitar 50 persen dari kuota KUR yang didapat perseroan tahun ini yaitu senilai Rp 170 triliun.

Sektetaris Perusahaan BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan, realisasi tersebut disalurkan kepada 3 juta pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Apabila dirinci, KUR mikro mendominasi dengan 83 persen, KUR Kecil 13 persen dan KUR Super Mikro 7 persen,” kata Aestika.

Saat ini penyaluran KUR BRI sudah didominasi oleh penyaluran kepada sektor produksi dengan porsi mencapai 56 persen. Salah satu strateginya adalah dengan menjalankan bisnis mengikuti stimulus pemerintah.

Menurut hasil riset BRI, 72 persen pelaku UMKM penerima BPUM membutuhkan modal kerja tambahan untuk mempercepat pemulihan usahanya dan mengembangkannya. Hal itu merupakan salah satu sumber permintaan atas KUR BRI sehingga penyalurannya bisa tetap on the track.

Maka dari itu, BRI pun optimistis mampu memenuhi target penyaluran KUR kepada sektor produksi sebesar 60 persen di akhir tahun 2021 mendatang.

Lebih lanjut, penyaluran KUR BRI diimbangi dengan kualitas yang terjaga baik. Hal ini tercermin dari rasio kredit bermasalah (NPL) KUR BRI yang tercatat sebesar 0,01 persen pada akhir Juni 2021 lalu.

Sumber Kontan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Sejak PPKM Darurat Diterapkan, Pelanggan KAI di Medan Turun Hingga 80%

Sejak PPKM Darurat diterapkan sejak seminggu yang lalu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre I Sumatra Utara (SU) telah mencatatkan jumlah pelanggan KA Lokal pada periode 12-18 Juli sebanyak 3.567 pelanggan. Jumlah ini turun 80% dibandingkan dengan jumlah pelanggan KA Lokal pada periode 5-11 Juli 2021 yaitu sebanyak 18.029 pelanggan. […]