Tinjau 6 ISO Tank di Tanjung Priok, Menteri BUMN Erick Thohir Pastikan Keamanan Pasokan Oksigen

Redaksi

Belum lama ini Menteri Badan Usaha Milik (BUMN), Erick Thohir meninjau langsung kedatangan 6 ISO tank di Tanjung Priok demi memastikan keamanan pasokan oksigen pada Sabtu (10/7/2021).

Kedatangan 6 ISO Tank itu melengkapi 21 ISO tank yang juga sudah didatangkan dari Morowali Sulawesi Utara pasa (5/7/2021) lalu.

Dalam acara yang juga dihadiri oleh Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza, Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Mulyono, serta Direktur Utama PT Pelindo II Arif Suhartono tersebut, Erick mengapresiasi dukungan BUMN, termasuk Pertamina bersama anak usahanya, dalam percepatan penanganan pasokan oksigen.

“Kita memang tidak memproduksi oksigen untuk medical, tetapi fasilitas yang kita punya bisa di switch sebagian untuk medical. Ini yang saya tekankan kepada seluruh direksi BUMN bahwa kita harus menjadi service-oriented bukan birokrasi,” kata Erick Thohir.

Seperti tang kita ketahui, dukungan pasokan oksigen untuk percepatan penanganan Covid-19 ini merupakan sinergi dari berbagai pihak, termasuk Pertamina Grup yang melibatkan PT Patra Niaga dan anak usaha Subholding Gas, PT Gagas dalam pengelolaan trucking ISO Tank.

Adapun, bantuan ISO tanknya berasal dari PT Pertamina Gas (Pertagas), IMIP dan PT AICO, sedangkan pasokan oksigen diperoleh dari beberapa pihak seperti Samator dan LINDE serta dukungan penuh penerimaan ISO tank dari PT Pelindo II.

Ketua Komisi 6 DPR RI Faisol Riza menyampaikan, apresiasi kepada Menteri BUMN Erick Thohir bersama jajaran BUMN nya yang sudah menyediakan fasilitas armada ISO Tank untuk memastikan ketersediaan Oksigen terdistribusi dengan baik.

“Apresiasi kami kepada Kementerian dan jajaran BUMN atas dukungannya yang sangat besar. Jangan lelah Pak Erick dan BUMN. Kita sedang berperang dengan musuh yang tidak kelihatan tapi mematikan sehingga semua harus waspada,” kata Faisol Riza.

Selanjutnya, Direktur Utama PT Pelindo II Arif Suhartono menyampaikan, bahwa Pelindo II sangat mendukung distribusi logistik kesehatan lewat wilayah Pelabuhan yang dikelola PT Pelindo II.

“Kami juga telah berkoordinasi dengan PT Pelindo I, III dan IV berkomitmen memastikan distribusi logistik secara optimal di seluruh wilayah Indonesia, khususnya untuk bidang kesehatan dalam penanganan Covid-19,” kata Arif Suhartono.

Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Mulyono memastikan, Pertamina senantiasa berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah dalam penanganan Covid-19, tak terkecuali pada pemenuhan kebutuhan oksigen sekarang.

“Dari 27 ISO Tank yang dioperasikan Pertamina saat ini berkapasitas 540 ton oksigen, sehingga menyumbang 60% dari kapasitas yang sudah ada,” kata Mulyono.

Sumber Kontan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Awal PPKM Darurat, KAI Catat Jumlah Penumpang KA Jarak Jauh Turun 69 Persen

PT Kereta Api Indonesia (Persero) alias KAI telah mencatatkan penurunan jumlah penumpang KA jarak jauh selama periode 3-10 Juli 2021 sejak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, rata-rata harian jumlah pelanggan KA jarak jauh pada periode tersebut yaitu sebanyak 11.864 penumpang atau turun […]