Menteri BUMN Erick Thohir Dukung Integrasi Data Aplikasi Kesehatan Dalam Penggunaan Transportasi Udara

Redaksi

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mendukung integrasi data aplikasi layanan kesehatan dalam penggunaan transportasi udara. Menurutnya, hal ini sangat membantu dalam upaya pemantauan serta pencegahan penyebaran virus Covid-19.

“Kami dari Kementerian BUMN tentu terus mendukung integrasi data,” kata Erick Thohir dalam konferensi pers, pada Minggu (4/7/2021).

Kemudian Erick Thohir juga mengatakan, bahwa integrasi data sangatlah penting untuk tiga hal. Pertama, menjadi satu kesatuan untuk ke depannya memastikan program-program pemerintah tepat sasaran.

Kedua, agar pelayanan transportasi di Kementerian BUMN, baik darat, laut, maupun udara bisa terkoneksi.

“Ketiga, seperti disampaikan Pak Menkes [Budi Gunadi] soal test and tracing di mana nanti yang namanya paspor vaksin dan lain-lainnya menjadi satu kesatuan. Sehingga, kita bisa memantau atau memastikan ketepatan data untuk kita dalam penanganan pandemi,” jelas Erick Thohir.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pernah memaparkan, data hasil pemeriksaan tes PCR atau antigen serta vaksinasi yang dimiliki Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan diintegrasikan dengan sistem pengecekan kesehatan calon penumpang perjalanan jauh via pesawat terbang.

Dengan begitu, para penumpang hanya perlu memperlihatkan kode tertentu dari aplikasi Pedulilindungi atau tanpa perlu menunjukkan dokumen fisik.

Selain itu, Budi mengatakan, pilot project atas kebijakan ini bakal dilakukan di bandara kelolaan PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II untuk rute penerbangan Jakarta-Bali dan sebaliknya pada 5 sampai 12 Juli 2021.

Sumber Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

PT PP Siap Lunasi Obligasi Jatuh Tempo Sebesar Rp1,04 Triliun

PT PP (Persero) Tbk. menyatakan kesiapan untuk melunasi obligasi yang akan jatuh tempo sebesar Rp1,04 triliun. Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT PP Agus Purbianto mengatakan, dana pelunasan Obligasi Berkelanjutan II PTPP Tahap I Tahun 2018 Seri A yang akan jatuh tempo pada, Selasa 6 Juli 2021, sudah dibayarkan melalui […]