Per Mei 2021, BTN Salurkan Dana PEN Rp54,41 Triliun yang Mayoritas Sektor Perumahan

Redaksi

Belum lama ini, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. atau Bank BTN sudah menyalurkan kredit pemulihan ekonomi nasional (PEN) secara total sebesar Rp54,41 triliun per Mei 2021.

Jika kita dirinci, pada penempatan periode pertama dan kedua, Bank BTN menyalurkan dana PEN tersebut kepada 108.000 debitur dengan nominal mencapai Rp36,6 triliun per 31 Desember 2020.

Diketahui, mayoritas penyaluran kredit bermuara pada sektor perumahan atau mencapai 85% dari portofolio. Dana PEN itu juga disalurkan dalam bentuk kredit ke 33 provinsi di Indonesia.

Sementara itu, untuk penempatan dana PEN tahap ketiga, sudah disalurkan Bank BTN kepada lebih dari 53.000 debitur dengan total kredit sekitar Rp17,81 triliun per 4 Mei 2021. Dari total penyaluran kredit ini, sebanyak 93% disalurkan ke sektor perumahan.

Adapun, emiten berkode saham BBTN ini kembali dipercaya pemerintah untuk menjadi bank penyalur dana program PEN sebesar Rp10 triliun dan ditempatkan per 3 Juni 2021.

Haru Koesmahargyo selaku Direktur Utama BTN mengatakan, bahwa pihaknya berterima kasih atas kepercayaan pemerintah melalui Kementerian Keuangan Republik Indonesia kepada perseroan.

“Tentunya sejalan dengan core business kami, Bank BTN akan memfokuskan penyaluran dana tersebut ke sektor pembiayaan perumahan sehingga dapat menyediakan rumah yang menjadi kebutuhan mendesak terutama di masa pandemi,” kata Haru melalui keterangan resmi, pada Selasa (8/6/2021).

Dengan perseroan fokus pada sektor perumahan, maka diyakini juga bisa mendongkrak perekonomian nasional. Pasalnya, sektor perumahan bisa memberikan daya ungkit bagi 174 industri terkait.

Selain itu, Haru juga mengatakan, Bank BTN bakal terus berfokus pada penyaluran KPR di luar Jakarta guna meningkatkan pemulihan ekonomi di luar ibu kota negara. Adapun, Bank BUMN ini sudah mencatat sebanyak 82% dari total kredit disalurkan di luar Jakarta.

“Kami berupaya agar pemulihan ekonomi berlangsung secara merata dengan penyaluran kredit di luar Jakarta,” papar Haru.

Sumber Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Fasilitasi KPR Hunian di Adhi City Sentul, Bank Mandiri Kerja Sama dengan Adhi Commuter Properti

Baru-baru ini, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. melakukan kerja sama dengan anak usaha PT Adhi Karya (Persero), yaitu PT Adhi Commuter Properti. Kerja sama ini dilakukan untuk membantu masyarakat memiliki hunian idaman di Adhi City Sentul lewat penyediaan pembiayaan pembelian rumah (KPR). Berada dilokasi salah satu TOD yang dilintasi LRT […]