Menteri Erick Thohir Optimistis Holding Ultra Mikro Akan Buat Integrasi Pembiayaan UMKM Lebih Efektif

Redaksi
Menteri BUMN Erick Thohir

Pemerintah terus mematangkan rencana pembentukan Holding Ultra Mikro untuk perbaikan ekosistem pembiayaan usaha mikro kredit menengah.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) optimistis, aksi korporasi ini akan membuat upaya dalam menjangkau pelaku UMKM untuk masuk dalam lembaga keuangan formal lebih agresif lagi.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, pemerintah sedang berupaya mengintegrasikan semua badan usahanya agar bisa membuat pemulihan ekonomi lebih cepat. Dengan adanya Holding Ultra Mikro akan membuat integrasi pembiayaan di segmen UMKM lebih efektif.

“Transformasi sektor keuangan melalui Holding Ultra Mikro ini akan memperkuat ketahanan ekonomi, menciptakan pertumbuhan ekonomi lebih berkualitas, mengurangi ketimpangan dan meningkatkan kualitas nasabah UMKM dalam rangka keuangan inklusif,” kata Erick Thohir dalam Webminar Rabu Hijrah, pada Rabu 28 Januari 2021.

Adapun, tiga BUMN yang terlibat dalam Holding Ultra Mikro ini adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Permodalan Nasional Madani (Persero), dan PT Pegadaian (Persero).

Erick menerangkan, integrasi ini akan membangun peta jalan pemberdayaan terintegrasi lebih kuat bagi sektor UMKM. Peta jalan pelaku usaha ultra mikro hingga menjadi pelaku usaha menengah akan menjadi lebih jelas karena mendapat pendampingan yang lebih konsisten dalam satu induk grup bank, yaitu BRI.

Erick meyakini, Holding Ultra Mikro ini akan membuat cost of fund dari menjadi lebih rendah, yang akhirnya hal ini akan ditransmisikan kepada suku bunga pembiayaan lebih rendah untuk para pelaku UMKM.

“Holding UMKM juga kan menjadi market leader yang membuat pembiayaan UMKM lebih cepat dengan kualitas pembiayaan lebih baik. Ini pun akan diikuti oleh bank lain secara lebih luas,” tambah Erick.

Sumber Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Hutama Karya Gelar Operasi Kendaraan ODOL di Tol Permai, Kabupaten Bengkalis

PT Hutama Karya selaku pengelola Jalan Tol Pekanbaru Dumai (Permai) menggelar operasi kendaraan kelebihan kapasitas atau Over Load Over Dimention (ODOL) di Gerbang Tol Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Pada operasi ini Hutama Karya menggandeng Dinas Perhubungan Provinsi, Ditlantas Polda Riau, POM TNI, Balai Pengelola Transportasi Darat, dan beberapa pihak […]