Bank Syariah Mandiri Ditunjuk Pemerintah Jadi Bank Penerima Wakaf Uang

Redaksi

Anak usaha PT Bank Mandiri (Persero), Bank Syariah Mandiri (BSM) ditunjuk pemerintah untuk menjadi bank penerima wakaf uang. Hal ini dilakukan untuk pembenahan tata kelola wakaf uang yang produktif. Wakaf uang yang disimpan di BSM nantinya juga akan dikelola lewat program Wakaf Uang Berkah Umat.

“BSM akan bertindak sebagai Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKSPWU) dan Mandiri Manajemen Investasi sebagai pengelola dana wakaf,” kata Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam peluncuran Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) di Istana Negara pada Senin 25 Januari 2021.

Ma’ruf mengatakan, wakaf uang merupakan perluasan wakaf yang lebih modern. Sehingga wakaf tidak lagi hanya dilakukan dalam bentuk aset yang tidak bergerak seperti tanah dan bangunan.

Selain itu, wakaf uang dianggap sebagai salah satu bentuk wakaf produktif. Bentuk ini tidak hanya memiliki fleksibilitas dalam pengembangan investasinya, tapi juga fleksibilitas dalam bentuk penyaluran manfaatnya.

“Dimana pokok wakafnya bisa dijaga agar tidak berkurang atau hilang,” jelas Ma’ruf yang juga Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah.

Oleh karenanya, pengelolaan wakaf uang harus dilakukan dengan profesional dan modern. Tak hanya itu, pengelolaan wakaf uang juga perlu didukung dengan diperbanyaknya kanal-kanal penerimaan wakaf uang, terutama dengan mengaktifkan peran Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS-PWU).

LKS-PWU yang dimaksud Ma’ruf diantaranya adalah bank syariah dan lembaga keuangan mikro syariah. Lembaga keuangan mikro syariah ini bisa digunakan untuk tempat penerimaan wakaf uang berbasis masyarakat.

“Sehingga, keberadaan dan peran aktif lembaga keuangan mikro syariah harus menyebar merata untuk melayani masyarakat yang ingin berwakaf di seluruh Indonesia,” tutur Ma’ruf Amin.

Sumber Kontan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Resmi Buka Masa Penawaran, BRI Target Penjualan ORI019 Sebesar Rp 500 Miliar

Pemerintah resmi membuka masa penawaran ORI019 mulai Senin 25 Januari 2021 sampai dengan 18 Februari 2021. Surat utang ritel ini memiliki tenor 3 tahun, sedangkan kupon ditetapkan 5,57 persen per tahun. Direktur Konsumer PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Handayani bilang, perseroan sebagai Mitra Distribusi menetapkan target penjualan sebesar Rp […]