Indonesia Dapat Jatah 100 Juta Vaksin Covid-19 Covax Gratis Lewat GAVI dan WHO

Redaksi

Untuk mengatasi virus corona atau Covid-19, Pemerintah Indonesia menetapkan 6 jenis vaksin yang akan digunakan dalam tahap vaksinasi.

Salah satunya adalah vaksin COVAX hasil dari kerja sama pengembangan antara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Aliansi Vaksin Dunia (GAVI).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, GAVI yang merupakan bagian dari WHO akan memberikan vaksin yang sifatnya gratis.

“Angkanya masih bergerak-gerak berapa dosis yang bisa diberikan ke Indonesia,” kata Budi dalam konferensi pers.

Meski begitu, diperkirakan dosis yang bisa diberikan ke Indonesia berkisar antara 3 persen dari populasi atau 16 juta dosis sampai 20 persen dari populasi atau sekitar 100 juta dosis.

“Itu sebabnya kenapa kita perlu membuat kontrak dengan opsi dari beberapa suplier vaksin yang ada tadi supaya kalau ada kepastian dari pengadaan vaksin yang sifatnya gratis, kita tidak usah ambil dari mereka [antara 4 perusahaan]. Tetapi kalau misalnya vaksin dari GAVI ini belum bisa terdeliver sesuai dengan jadwal yang kita inginkan, kita sudah mengamankan suplai dari perusahaan-perusahaan tersebut secara bilateral,” terangnya.

Budi bilang, pemerintah Indonesia telah memesan 54 juta dosis vaksin COVAX/GAVI yang sedianya terdistribusi pada kuartal II/2021-kuartal I/2022.

Adapun, permintaan vaksin yang ditandatangani secara resmi oleh Menteri Luar Negeri dan Menteri Kesehatan ini bakal dikirimkan sebelum 8 Januari 2021.

Tak hanya COVAX/GAVI, vaksin yang akan disediakan untuk masyarakat di dalam negeri juga termasuk Sinovac, Novovax, AstraZaneca, serta Pfizer.

Sumber Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

RUPSLB 21 Januari 2021, BRI Agendakan Perubahan Pengurus

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mengundang para pemegang saham untuk menghadiri rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada awal tahun 2021. Berdasarkan pengumuman di Bursa Efek Indonesia Kamis 31 Desember 2020, RUPSLB digelar pada 21 Januari 2021 pukul 14.00 di Jakarta. Diketahui, ada lima mata acara yang bakal […]