Jasa Marga Buka Opsi Pelepepas Sebagian Saham di Anak Usaha Jalan Tol

Redaksi

PT Jasa Marga (Persero) membuka opsi pelepasan sebagian saham di anak usaha jalan tol dengan tetap mempertahankan posisi pengendali.

Meski begitu, perseroan sebagai operator jalan tol tetap ingin mempertahankan kepemilikan mayoritas di sejumlah aset jalan tol yang dimiliki.

“Kami membuka peluang terhadap seluruhnya [aset untuk divestasi] selama kami tetap mempertahankan majority di tol-tol tersebut,” ujar Setya Adrianto selaku Corporate Finance Group Head Jasa Marga Eka.

Adri mengungkapkan, beberapa jalan tol yang berpotensi dilepas ialah aset-aset dimana Jasa Marga masih memiliki porsi saham yang tinggi seperti seksi Jakarta-Cikampek II Elevated (80 persen) dan Gempol-Pasuruan (99,35 persen).

Tak hanya itu, emiten dengan kode saham JSMR ini juga membuka peluang divestasi bersamaan dengan BUMN Karya lain. Misalnya, ruas tol seksi Semarang-Batang dengan porsi saham JSMR sebesar 60 persen dan PT Waskita Karya (Persero) Tbk. sebesar 40 persen.

Ketika Waskita Karya berniat melepas seluruh sahamnya di PT Jasamarga Semarang Batang selaku pemilik konsesi, JSMR bisa ikut mengeluarkan saham sebanyak 9 persen.

“Bisa jadi dilepas Waskita 40 persen, kami nebeng 9 persen. Ini misalnya. Dengan begitu, kami masih maintain 51 persen. Jadi game-nya akan seperti itu,” lanjutnya.

Adapun, prospek divestasi aset jalan tol akan terbantu oleh pembentukan Sovereign Wealth Fund yang merupakan turunan dari UU Cipta Kerja.

Meskipun, JSMR tidak bergantung dengan SWF untuk mendivestasikan aset, keberadaan Lembaga Pengelola Investasi (LPI) akan membuat harga menjadi kompetitif. Pasalnya, pihak peminat bakal bertambah banyak, alhasil memicu persaingan untuk memperebutkan aset yang akan dilepas.

Adri bilang, divestasi aset oleh JSMR sudah dilakukan sejak tahun 2017 ketika perseroan menjual tol ruas Semarang-Solo ke Grup Astra.

Saat ini, perseroan telah memiliki 50,91 persen di PT Trans Marga Jateng, sedangkan 40 persen sudah dimiliki PT Astra Tol Nusantara (Astra Infra).

Sumber Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

PLN Imbau Masyarakat Waspadai Penipuan Lowongan Kerja Mengatasnamakan PLN

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN mengimbau seluruh masyarakat Maluku Utara dan daerah lainnya di Indonesia untuk terus berhati-hati terhadap maraknya penipuan terkait rekrutmen yang mengatasnamakan PLN. Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN Agung Murdifi menyampaikan, bahwa PLN tidak melakukan korespondensi terkait rekrutmen dan tidak memungut biaya […]