Perpres Tetapkan Bio Farma Sebagai Produsen Vaksin Corona di Indonesia

Redaksi

Peraturan Presiden Nomor 99/2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) menyatakan Bio Farma (Persero) sebagai produsen vaksin Corona di Indonesia.

Dalam peraturan tersebut, pemerintah dapat memberikan penyertaan modal negara kepada Bio Farma sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

“Untuk mendukung pelaksanaan penugasan PT Bio Farma (Persero) sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5, Pemerintah dapat memberikan Penyertaan Modal Negara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” demikian bunyi Pasal 18, Rabu (7/10/2020).

Untuk pengadaan vaksin di dalam negeri, perseroan bisa melibatkan anak usaha, yaitu PT Kimia Farma Tbk. dan PT Indonesia Farma Tbk.

Dalam pelaksanaan penugasan, Bio Farma dapat bekerja sama dengan badan usaha dan/atau lembaga baik dalam negeri maupun luar negeri untuk pengadaan vaksin.

Kolaborasi pelaksanaan diserahkan kepada perusahaan dengan memperhatikan beberap hal, yakni tujuan, prinsip, dan etika pengadaan.

Adapun, sumber dana pengadaan dan pelaksanaan vaksin Corona bersumber pada APBN dan sumber lainnya yang sah dan tidak mengikat sesuai ketentuan perundang-undangan. Pengadaan vaksin yang bersumber dari APBN bisa dilakukan dengan mekanisme kontrak tahun jamak.

Peraturan Presiden 99/2020 diundangkan pada 6 Oktober 2020, setelah Presiden Joko Widodo menandatangani peraturan ini satu hari sebelumnya pada 5 Oktober 2020. Sebagai informasi, dalam Perpres tersebut pelaksanaan dan penetapan jenis vaksin akan dilakukan oleh menteri kesehatan dengan pertimbangan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

“Pengadaan untuk Vaksin COVID-19 dan pelaksanaan Vaksinasi COVID-l9 sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan untuk Tahun 2O2O, Tahun 2021, dan Tahun 2022,” demikian bunyi ayat 4 Pasal 2, Rabu (7/10/2020).

Sumber Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

2 BUMN Farmasi, Kimia Farma dan Indofarma Produksi dan Pasarkan Obat Covid-19

PT Kimia Farma Tbk (KAEF) dan PT Indofarma Tbk (INAF) sudah mampu produksi dan memasarkan produk Covid-19 dalam membantu pemerintah untuk mempercepat penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia. Kimia Farma memproduksi obat Favipiravir, selain itu Kimia Farma bersama dengan anak usahanya, PT Phapros Tbk (PEHA) juga sudah berhasil memproduksi beberapa obat […]