Kelanjutan dari MoU, Pelindo IV Resmi Launchingkan Perdana Modernisasi Pelabuhan Benteng Selayar

Redaksi

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) resmi melakukan launching perdana modernisasi Pelabuhan Benteng di Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan pada hari ini, Rabu (9 September 2020). Launching perdana modernisasi Pelabuhan Benteng ini merupakan kelanjutan dari MoU yang pernah dilakukan Perseroan dengan Pemkab Selayar beberapa waktu lalu.

“Ini juga sebagai bukti bahwa Pelindo IV melalui anak usaha, SBU Intan Terminal Petikemas Indonesia Timur hadir untuk membantu akselerasi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Selayar,” ujar Direktur Utama PT Pelindo IV, Prasetyadi.

Jusuf Junus selaku General Manager SBU Intan Terminal Petikemas Indonesia Timur manyatakan, bahwa apa yang dilakukan pihaknya di Pelabuhan Benteng, Selayar ialah bagian dari perbaikan metode tol laut yang sudah dicanangkan Presiden Joko Widodo.

“Sebelumnya pada 30 Agustus lalu kami sudah melayani kegiatan bongkar muat (BM) sebanyak 2 unit reefer container dan 25 unit dry container yang diangkut oleh KM Semangat Mas,” kata Jusuf Junus.

Dia menjelaskan, melalui launching perdana modernisasi yang telah dilakukan, pihaknya melakukan bongkar sebanyak 20 kontainer dan muat 15 kontainer yang berisi komoditas kelapa, kopra dan arang, serta 2 kontainer yang diisi hasil laut seperti ikan.

“Sebanyak 15 kontainer itu akan dibawa ke Surabaya dan hasil laut yang 2 kontainer akan dikirim ke Jakarta untuk diekspor ke luar negeri,” katanya.

Dia menambahkan, pihaknya menargetkan dalam sebulan dapat mengisi lapangan penumpukan seluas 2.000 meter persegi di Pelabuhan Benteng dengan 100 TEUs kontainer setiap bulannya.

“Itu target awal kami, kedepan kami berharap jumlah itu bisa meningkat jadi 200 kontainer per bulan,” ungkapnya.

Jusuf bilang, kegiatan BM yang dilakukan pihaknya tersebut ditunjang dengan sejumlah peralatan, yaitu 1 unit forklift 28 ton, 2 unit forklift 5 ton, 1 unit tronton dan peralatan bongkar muat peti kemas.

Sumber Pelindo 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kementerian PUPR Catat Investasi Proyek Tol Capai Rp53 Triliun Hingga Kuartal III-2020

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat nilai investasi proyek tol yang diterima pemerintah pada tahun ini hingga kuartal III sudah sekitar Rp53 triliun. Dengan bertambahnya investasi proyek tol ini, diharapkan dapat mendorong tumbuhnya ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19 ini. “Sampai kuartal ketiga ini saja investasi proyek tol […]