China Lakukan Uji Klinis, Dirut Honesti Basyir Ungkap Vaksin Covid-19 Buatan RI Bisa Tersedia 2022

Redaksi

Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir menyebut, vaksin lokal Covid-19 akan tersedia bagi masyarakat pada awal atau pertengahan 2022. Hal ini merupakan kabar baik di tengah meningkatnya kasus pandemi corona di Indonesia.

Honesti bilang, uji pra klinis vaksin baru akan dilakukan pada kuartal kedua 2021. Kemudian akan dilakukan kembali pada kuartal ketiga 2021.

“Apabila hasil uji klinis bagus, vaksinnya akan tersedia untuk masyarakat pada kuartal pertama 2022 atau pertengahan 2022,” ujar Honesti dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (16/7/2020).

Menurutnya, pengembangan vaksin ini dilakukan Bio Farma di bawah konsorsium nasional yang dibentuk Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Selain Bio Farma, konsorsium nasional ini terdiri dari Eijkman Institute, kementerian dan institusi terkait, serta perguruan tinggi.

Dengan begitu, Honesti memperkirakan vaksin yang dikembangkan bersama Sinovac ini akan tersedia lebih cepat. Tak hanya mendukung produksi vaksin dalam negeri, Bio Farma juga bekerja sama dengan perusahaan swasta asal China Sinovac Biotech Ltd.

Sebab, proses uji klinis fase I/II sudah dimulai di China pada Juni lalu. Uji klinis itu tidak menemukan efek samping yang parah dan menghasilkan respons kekebalan pada 743 relawan. Menurut Honesti, uji klinis juga akan segera dilakukan di Indonesia.

Sumber Kontan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Menteri Erick Thohir Tetapkan Jajaran Direksi Baru Askrindo

Menteri BUMN Erick Thohir menetapkan empat jajaran Direksi baru pada PT Asuransi Kredit Indonesia, anggota Holding Perasuransian dan Penjaminan pada Kamis (16/7). Hal ini tercantum dalam Surat Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara yang disampaikan Kamis 16 Juli 2020 di Gedung Graha CIMB Niaga, Jakarta. Melalui Surat Keputusan Menteri Badan […]